PERLUKAH TERUS MENGELUH TENTANG KEBIJAKAN-KEBIJAKAN PEMERINTAH? Apa Solusi Terbaiknya!

11 December 2009 at 17:15 Leave a comment

Saya sering mendapat sms dari aktifis Islam yang isinya berupa berbagai ‘kritik’ terhadap kebijakan pemerintah. Dalam bulan akhir-akhir ini misalnya kritik itu tentang kebijakan terkait masalah Chandra-Bibit, Bank Century, listrik, dan penanganan korupsi. Saya lalu menjawab bahwa  ‘keluhan’ bermacam-macam itu sebagai sesuatu yang tidak akan efektif karena pembuat kebijakan nasional sejauh ini memang tidak berfikiran seperti para akifis Islam berfikir dalam memecahkan masalah-masalah bangsa. SMS saya ke ‘pengeluh’ tersebut sebagai berikut: “Kekeliruan2 kebijakan nasional akan terus terulang, tidak berhenti, kecuali Figur Taat Syariat (seterusnya akan ditulis FTSy) pegang kendali. Fokuskan perjuangan!!” Seorang teman memberi tanggapan beruntun dan menjadi semacam dialog via sms yang menarik untuk disimak bersama. Berikut ini dialognya:

Teman: Apa kriteria Figur Taat Syariah itu? Bukankah problem begitu kompleks, apa dirobohkan, bikin baru? Apa manfaat bagi si miskin? Adakah contohnya? Selamat berjuang.

Saya: Kriteria MUI (tentang FTSy) cukup bagus, jangan ragu dan bingung.  Kriteria itu: “Imtaq yang benar (muslim yang sudah melaksanakan shalat-zakat-dll), Jujur, Amanah (jabatan politik itu bukan ‘profesi untuk menjadikan kaya-raya’ tapi sebagai  pengabdian untuk melayani kepentingan bangsa-negara), Fathonah (cerdas-berpendidikan supaya bisa kreatif-innovatif mencari alternatif pemecahan masalah bangsa berlandaskan tuntunan Allah swt), Tabligh (penyampai-pejuang  kebenaran yang diajarkan Allah swt), dan Peduli-membela kepentingan umat”. Jika figur seperti itu yang memimpin bangsa yang mayoritas penduduknya muslim ini tentu bangsa menjadi maju dan jaya. Silahkan kunjungi blog saya.

Teman: Kalau kepastian terbaiknya adalah hukum Allah (maka itu memang) kepastian yang mutlak. Tahap yang harus dilakukan adalah: “mengislamkan orang Islam sebanyak mungkin, kemudian sosialisasi, pelatihan2, penerangan2”, yang diperjuangkan secara konsisten, sistemik,  dengan akhlaq Islam, doa, insyaAllah sukses.

Saya: Dalam teori sosial-politik untuk suatu perubahan ke arah kebaikan tidak perlu menunggu SEMUA ORANG ISLAM SEMPURNA ISLAMNYA. Kondisi umat sekarang sudah cukup untuk diajak-diarahkan melangkah ke fokus perjuangan yang strategis, termasuk mengajak ICMI (catatan: teman itu seorang aktifis ICMI).

Teman: Problem saat ini adalah komitmen dan amanah perlu aplikasi tehnis, sudah banyak ‘bicara’ (tapi) kurang berbuat, belum lagi perilaku pemimpin muslim saat ini yang mudah ‘dibeli’, umat diklelerkan (ditelantarkan).

Saya: Semua kelemahan umat yang dikeluhkan itu akan beres jika payung kekuasaan formal di tangan FTSy. Fokus perjuangan Islam harus ke sana, terutama untuk ‘aktifis Islam yang berkualitas’ harus mau terlibat, jangan kena provokasi bahwa  politik itu kotor dan semacamnya sehingga hanya bekerja untuk yang ‘remeh-temeh’ (rendah  nilai manfaatnya). (Penjelasan lain tentang fokus perjuangan Islam tersebut bisa dilihat pada dialog ‘Format Baru Perjuangan Islam’ di Index).

Demikianlah dialog dengan teman ini. Ujung kritik dari yang bersangkutan adalah begitu lemahnya kualitas kerja Pemimpin Muslim. Mungkin yang dimaksud adalah pemimpin Ormas Islam dan Partai Politik Islam. Mari semua saja introspeksi diri dan secepatnya berbuat lebih strategis.

Indonesia, 11 Desember 2009

Entry filed under: Pemikiran, Politik. Tags: .

DIALOG TENTANG PERAN NEGARA TERHADAP AGAMA CATATAN TENTANG MAKNA TAHUN BARU HIJRIAH (Islam untuk Siapa?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


"tatkala mayoritas penduduk maju, maka minoritas terikut maju (TIDAK SEBALIKNYA), dan negara pun menjadi kokoh-kuat..."

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 47 other followers

Recent Posts

Archives

Calendar

December 2009
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Stats

  • 86,658 hits

Feeds


%d bloggers like this: