MENGATUR UMAT vs MENGATUR NEGARA

4 November 2010 at 10:01 Leave a comment

Seorang teman muslim yang pernah menjadi pejabat Negara nampaknya pusing melihat berbagai ‘krisis sosial’ yang dialami oleh umat Islam di Indonesia. Saking pesimisnya dia lalu seperti kehilangan harapan tentang kemampuan Pemimpin Islam yang berasal dari Ormas-LSM Islam atau Partai Politik Islam untuk mengurus negeri ini. Kegalauan tersebut tercermin dari beberapa sms yang masuk ke saya setelah dia membaca berbagai artikel di blog ini. Berikut adalah cuplikan dialog sms tersebut.

Teman:

“Perlu diingatkan dan dibahas kembali penentuan 1 Ramadhan, Syawal, Dhulhijah. Kelihatannya Iedul Adha beda lagi. Bagaimana ngurus Negara, ngurus umat saja tidak bisa? Salam”.

Saya:

“Sampeyan mungkin belum dengar bahwa NGURUS NEGARA ITU JAUH LEBIH MUDAH DARIPADA NGURUS UMAT. Salam pada klg dan teman2.”

Teman:

“Lha Negara itu isinya umat lho. Dan umatpun beraneka ragam maunya Kalau umatnya mau diatur, ngurus negara baru akan mudah. Salam”

Saya:

“Umat sebagai isi negara akan mudah diatur oleh hukum positif (walau tidak Islami) dengan aparatnya yang kuat dan efektif. Bandingkan dengan Pemimpin Islam walau aturan syariat jelas tapi tidak bergigi. Anda bayangkan sisi operasionalnya, belum lagi jika ada penguasa yang sengaja mengganggu karena dia anti ‘syariat Islam’.”

Demikian dialog tersebut. Banyak artikel saya menjelaskan rasional betapa negeri ini yang mayoritas penduduknya muslim (sekitar 90% dengan kuantitas lebih dari 200 juta manusia) akan segera menjadi negeri besar, maju, dan jaya jika dikelola dengan menggunakan syariat Islam. Jika kebijakan nasionalnya tidak Islami apalagi melawan syariat Islam bidang sosial-kenegaraan maka umat Islam yang menjadi bagian terbesar penduduk negeri akan kehilangan jati diri, kehilangan acuan moral yang tegas, dan akhirnya menjadi penduduk yang ambivalen, bingung, tidak berkarakter, dan munafik. Bagaimana bisa menjadi negeri maju-jaya jika mayoritas penduduknya bingung dan munafik bahkan terhadap agamanya sendiri? Beda dengan Barat yang memang mayoritas penduduiknya tidak muslim, bervisi SEKULER, yang menganggap beragama hanya sekedar seremoni ritual saja sedangkan urusan kenegaraan diserahkan sepenuhnya untuk diatur oleh kehendak atau maunya manusia. Belum lagi murka Allah swt  karena sebagai negeri muslim tidaklah dikelola sesuai tuntunanNya. Maka Allah akan berlepas tangan, membiarkan bangsa ini bersaing terjun bebas berhadapan dengan singa, buaya, serigala ekonomi dan politik dunia yang sudah mapan. Mana bisa tahan? Jangankan bisa menjadi  NKRI yang maju dan jaya, alih-alih malah kekayaan yang dikandung tanah air bisa jadi habis dihisap orang, rakyat banyak tetap miskin,  akhlak penduduk makin hancur, dan negarapun jadi pecah-belah. Naudhubillahi min dhalik. Mari diselamatkan NKRI dengan cara yang benar.

Untuk bisa merealisasikan pengelolaan Indonesia sesuai syariat Islam tentu yang menjadi Pejabat teras Negara harusnya orang atau figur yang memahami syariat Islam secara kaffah atau utuh, bukan figur sekuler seperti di Barat yang menganggap agama itu hanya mengurus masalah pribadi seperti ritual atau sekedar akhlak saja. Figur sekuler sama sekali tidak tahu atau tidak berminat mengelola negeri sesuai dengan syariat sosial-kenegaraan yang dituntunkan Allah swt melalui acuan al Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad saw. Figur Muslim yang kaffah pemahaman Islamnya tersebut memang umumnya dari aktifis Islam yang berada dalam Ormas-LSM Islam dan Partai Politik Islam dengan rekam jejak yang jelas, bukan dari Ormas-LSM Sekuler atau Partai Sekuler yang misi organisasinya  tidak terkait ajaran Islam sosial-kenegaraan sama sekali.

Nah teman saya yang satu ini nampaknya galau jika penguasa  Indonesia yang selama ini memang banyak figur sekulernya itu  digantikan oleh figur muslim yang memiliki wawasaan keislaman utuh, mengingat banyaknya kasus-kasus sosial di tengah umat Islam yang selalu datang. Jawaban SMS saya tersebut insyaAllah bisa mengingatkannya  Begitulah kiranya latar belakang dialog sms di atas. Mari ditimbang dan kita memang harus bersikap jelas dan tegas dalam politik nasional, apakah kini sedang sebagai rakyat awam biasa yang hanya memiliki kesempatan memilih pemimpin Indonesia dalam pemilu, atau sebagai Pengurus Ormas-LSM Islam yang memiliki kesempatan mengarahkan anggautanya agar berislam yang benar, atau sebagai Pengurus Partai Politik Islam yang memang memiliki legalitas membawa misi Islam ideologis yang berkesempatan untuk proaktif dan kreatif menawarkan ke rakyat unggulnya kebijakan nasional Islami demi kemajuan-kejayaan bangsa disertai memberi keteladanan hidup Islami supaya rakyat percaya. Mari diingat kembali bahwa semua perilaku itu akan dievaluasi oleh Allah swt, Maha Pencipta dan Maha Penentu, yang menentukan nasib kita sebagai pribadi/individu masing-masingnya di dunia (yang hanya ‘sebentar’) dan akherat nanti (yang selamanya). Silahkan dibaca berbagai artikel tentang diskusi Islam Politik dan Islam Ritual di blog ini untuk kejelasan lebih lanjut. Semoga Allah swt memberi petunjuk. Amien.

Indonesia, awal Nopember 2010

Entry filed under: Politik. Tags: , , , , , , , , .

ILMU SOSIAL ISLAM vs ILMU SOSIAL ALA BARAT, Manakah yang Menyelamatkan Umat Manusia? JANGAN SALAH PILIH! Strategy to Deactivate Huntington Thesis on Clash of Civilization between Moslems and Western Society, RATIONAL ACTIONS TO BE IMPLEMENTED TO MAKE A PEACEFUL WORLD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


"tatkala mayoritas penduduk maju, maka minoritas terikut maju (TIDAK SEBALIKNYA), dan negara pun menjadi kokoh-kuat..."

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 47 other followers

Recent Posts

Archives

Calendar

November 2010
M T W T F S S
« Oct   Dec »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Stats

  • 86,658 hits

Feeds


%d bloggers like this: