Oleh-oleh Umrah, SAUDI ARABIA TENANG, LIBYA PORAK PORANDA, SYRIA-YAMAN TEGANG

5 April 2011 at 02:40 3 comments

Alhamdulillah saya berkesempatan menunaikan ibadah umrah dari tanggal 24 Maret – 2 April 2011 kemarin dulu. Sementara di sana saya banyak menyaksikan tayangan BBC, Al Jazeera, dan CNN, di samping merasakan sendiri kondisi keamanan di Mekah-Medinah. Berikut ini catatan kecil saya:

  1. Kondisi Saudi Arabia sepertinya tenang-tenang saja, tidak ada demo ataupun konflik sosial yang merisaukan. Jamaah umrah merasakan suasana yang damai, aman, sehingga ibadah berjalan dengan lancar dan menggembirakan.
  2. Suasana seperti itu jelas berbeda dengan kondisi di tetangganya, khususnya Syria, Yaman, dan Libya. Penayangan di tv tentang  kondisi di Syria menunjukkan bahwa di sana terjadi demo besar menuntut perombakan politik. Demo2 itu sudah tampak mengganggu sekali ketertiban umum yang karenanya sudah diberlakukan jam malam. Saya menyaksikan Presiden Syria yang muda dan ganteng itu masih mendapat dukungan pemimpin dan rakyat pada umumnya dan demo sepertinya sudah bisa dikendalikan. Presiden diberitakan akan menyampaikan pidato penting hari Rabo, dan ternyata isi pidatonya masih belum memuaskan, dan jam malampun tidak juga dihapus.  Tiba-tiba saja Jumat pagi 1 April diberitakan akan diadakan demo besar-besaran sehabis shalat Jumat.  Hari itu saya meninggalkan Mekah untuk kembali ke Indonesia sehingga tidak sempat melihat kelanjutannya. Kondisi Syria tidak sepenuhnya damai, masih bergolak. Kondisi Yaman malah diberitakan lebih tegang lagi.
  3. Pemberitaan tentang Libya terasa lebih menyesakkan dada. Sejak diberlakukan resolusi DK PBB no 1973 tentang zona larangan terbang maka kota-kota Libya dibombardir dengan rudal dan bom oleh pesawat AS, Inggris, Perancis, Kanada, dan Italia. Konyolnya, Kamis 31 Maret diberitakan pesawat Qatar ikut-ikutan. Astaghfirullah. Kota-kota di Libya ditayangkan tampak porak poranda. Hampir tidak ada lagi kehidupan di arena sengketa. Korban sipilpun berjatuhan oleh pengeboman dan rudal sekutu. Rakyat Libya tidak lagi menikmati hari-hari yang aman-tenteram seperti sebelumnya. Libya adalah negeri di Afrika yang dikenal sebagai negeri yang paling makmur selama pemerintahan Kadafi. Kelompok oposisi tidak lagi sekedar berupa demonstrasi besar-besaran dengan damai, tapi sudah menjadi ‘Pasukan Pemberontak’ dengan senjata canggih, peluru kendali, dan tank-tank (dari mana gerangan itu semua??).  Di tengah suasana ‘perang saudara’ itu maka diadakanlah  Konferensi di London yang menetapkan berbagai keputusan yang inti isinya adalah menentukan masa depan Libya. Sepertinya Libya sudah menjadi milik mereka, antara lain menetapkan Kadafi sudah harus diganti, tidak memiliki legitimasi lagi sebagai Presiden, dan semacamnya. Mereka akan membantu Pasukan Pemberontak dengan senjata, dan mengirim agen CIA dan teman-temannya untuk membantu di lapangan. Astaghfirullah, apa ini yang dimaksud dengan tatanan dunia baru, demokrasi, HAM, dan kedaulatan bangsa? Saya juga sempat menyaksikan tayangan wawancara tv dengan beberapa tokoh Barat, antara lain Menlu AS dan mantan Menteri Pertahanan era Bush. Dalam wawancara diperdebatkan mengapa AS ikut mengawali penyerangan udara di Libya yang tidak hanya untuk mengamankan zona larangan terbang namun juga menghancurkan kekuatan militer darat Libya. Mengapa tidak lalu disertai dengan pengiriman tentara darat juga, sepertinya saat menyerang Irak. Kebijakan Obama yang tidak mau mengirim tentara darat dan hanya membatasi pada pengiriman senjata pada Pasukan Pemberontak dan agen CIA ternyata juga mendapat kecaman oleh sebagian politisi AS. Bahkan ada komentar sudah kepalang basah AS terlibat di Libya, harga diri dan martabat AS dipertaruhkan jika Kadafi tetap saja bercokol.

Demikianlah gambaran ringkas suasana di Timur Tengah yang saya rekam sewaktu menjalani ibadah umrah. Mari disimpulkan sendiri dan dicermati perkembangan berikutnya. Dunia Islam sepertinya tidak lagi memiliki kebanggaan sebagai umat. InsyaAllah akan disambung bahasannya.

 

Indonesia, awal April 2011

 

Entry filed under: Internasional. Tags: , , , , , .

MAKNA OPERASIONAL ‘KEDAULATAN RAKYAT’ DALAM PERJUANGAN PENEGAKAN SYARIAT SOSIAL- KENEGARAAN ISLAM DI INDONESIA ANALYSIS SYAR’I TERHADAP NEGERI MUSLIM YANG DIPORAK-PORANDAKAN, Clash of Civilization bertujuan Hegemoni atau Ketamakan Ideologi Sekuler-Kapitalis Barat?

3 Comments Add your own

  • 1. alfi  |  6 April 2011 at 13:57

    menjadi miris rsnya jika membaca tersebut. Mgkin bagi kita yang jauh dari negara2 tsb merasa ‘nothing happened’. Belom lagi dalam keseharian kita sdh disibukkan dengan urusan yg sangat menyita pikiran dan fenomena yg tak jauh dari kekufuran, hubbud dunya dsb. Sekecil apapun bentuk epprhatian kita kepada negar2 tersbut menjadikan kita tidak ‘mati’ terhadap ruh perjuangan dan peprsaudaraan.
    Semoga Allah melindungi kita semua. Amiiiiiiin

    alfi

  • 2. Malin Bonsu  |  28 April 2011 at 02:12

    Assalaamu’alaikum Warahamatullahi Wabarakaatuh. Pak Fuad, terima kasih atas muatan oleh-oleh umrah di atas. Saya menikmati sekali tulisan-tulisan di blog ini. Saya jadi merenung, dalam renungan saya terbersit “apa jadinya negara kita kalau dapat giliran untuk “diobok-obok”.

  • 3. hasan basri  |  23 May 2011 at 14:41

    afwan, baru kali ini mengomentari kehadiran tulisan Pak Fuad, walaupun sebenarnya selalu saya print dan menjadi tambahan materi pengajian ana yang memang padat.Minimal 2x dalam sehari bahkan untuk Jumuah, sabtu dan Ahad hingga 4 – 5 tempat. syukran. menyambung silaturrahim. Hasan – Denpasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


"tatkala mayoritas penduduk maju, maka minoritas terikut maju (TIDAK SEBALIKNYA), dan negara pun menjadi kokoh-kuat..."

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 47 other followers

Recent Posts

Archives

Calendar

April 2011
M T W T F S S
« Mar   May »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Stats

  • 86,658 hits

Feeds


%d bloggers like this: