STRATEGI PEMBANGUNAN JAWA TIMUR, 2013-2018 (Sumbang Saran untuk Calon Gubernur Jatim)

14 May 2013 at 17:44 Leave a comment

Pengantar:

Saya diminta menulis satu-dua halaman tentang arahan masa depan pembangunan Jatim oleh ICMI sebagai bentuk sumbang sih bagi  masyarakat Jawa Timur. Diharapkan tulisan tersebut bisa menjadi inspirasi siapapun Gubernur yang nanti terpilih pada pilkada Jatim beberapa bulan di depan. Jauh hari saya sampaikan Selamat Bertugas dan Berjuang  pada Gubernur Jawa Timur yang nanti terpilih.

Substansi Saran: 

Jawa Timur adalah Propinsi dengan ciri lingkungan dan sosial kemasyarakatan yang khas, dan perlu dibangun dengan mempertimbangkan berbagai kekhasan itu (data sudah banyak).

Sebagai suatu tatanan, Jawa Timur memiliki 2 komponen  yang saling bergantung satu dengan lainnya, yakni Lingkungan biofisik yang terdiri dari lahan, air, udara, dan biota dan Masyarakat yang terdiri dari berbagai penganut agama. ras, suku, dan kategori sosial lain seperti strata ekonomi, pendidikan, dll. Cita2 pembangunan tentunya mengarah untuk membuat  lingkungan biofsiknya kian sehat dan masyarakatnya kian mulia dan sejahtera. Keduanya  perlu dikelola secara simultan oleh pemda Jatim.

Lingkungan biofisik harus dibangun dengan memperhatikan kaidah ekologis, yakni melestarikan sumber daya alam yang tidak terbaharukan dan membuat lingkungan hidup menjadi sehat supaya bisa menunjang kehidupan masyarakat yang ada di wilayah itu. Pencemaran harus dibuat semakin minimal, kerusakan lingkungan dikendalikan agar semakin menipis, proporsi ekosistem hutan-pertanian-perkotaan kian membaik, yakni sekitar 30:60:10. Pemerintah berkewajiban terus memantau dari waktu ke waktu apakah lingkungan  biofisiknya kian membaik dan program2 lingkungan perlu disusun untuk mencapai tujuan itu sesegera mungkin.

Masyarakat Jawa Timur tentu harus dibangun dengan arahan yang benar, sehingga mereka menjadi masayarakat yang kian mulia perilaku-akhlaknya dan kian sejahtera dalam pemenuhan kebutuhan hidup khususnya ekonomi, pendidikan, keadilan, keindahan, dan hak-hak asasinya.

Untuk membawa ke arah kemuliaan hidup manusia maka agama memiliki peran utama, yakni membawa masyarakat yang taat terhadap tuntunan agama. Manusia akan berpredikat mulia jika manusia itu tidak hanya mengakui adanya tuhan namun juga memosisikan tuhan setulus hati sebagai Pencipta alam semseta dan tuntunanNya pasti bermanfaat bagi kebaikan manusia. Oleh sebab itu program peningkatan ketaatan akan tuntunan agama harus menjadi prioritas pembangunan.

Tingkat ketaaan pada agama harus dipantau melalui survey sosial, tidak sekedar menghitung bertambahnya jumlah rumah ibadah. Semua kebijakan bidang pembangunan tidak boleh bertentangan dengan tuntunan agama supaya ada sinkhronisasi yang melahirkan sinergisme dampak positif pembangunan. Jika tidak menyeluruh maka yang akan terjadi malah proses saling melemahkan dari upaya pembangunan itu sendiri.

Sebagai fakta sosial, lebih dari 97% penduduk Jawa Timur adalah muslim maka fokus Pemda untuk perbaikan kualitas beragama harusnya ditujukan pada umat Islam. Mereka  benar-benar harus mendapat perhatian besar dari Pemda Jatim karena jika kualitas  mayoritas penduduk membaik maka mayoritas itulah yang akan memberi citra kualitas rakyat Jawa Timur secara keseluruhan.

Erat terkait pembangunan keimanan-ketaqwaan masyarakat tersebut adalah strategi bagaimana harusnya membangun ekonomi rakyat Jawa Timut.  Pembangunan di bidang ekonomi ini  harus tegas  memihak pada rakyat yang lemah melalui subsidi kedaruratan ekonomi atau subsisten (seperti BLT untuk rakyat lapar dan sakit, pemeliharaan anak cacat, terlantar, dan panti jompo, yatim-piatu) dan subsisi antara/non-subsisten (seperti pelatihan kerja, pemberian modal, dan penyediaan lapangan kerja). Untuk efektifnya program ekonomi seperti itu tentu diperlukan dana besar. Selain dana diambilkan dari Kas Pembangunan yang klasikal namun juga harus dilakukan terobosan khusus, yakni pemanfaatan dana CSR dari para Pemiliki Modal (Pengusaha besar). Pada prinsipnya dana CSR harus dikoordinasi  Pemda untuk diberikan pada rakyat tidak mampu, bukan malah dana itu untuk membangun proyek lain yang tidak menyentuh  rakyat kecil. Dana CSR dilarang dipakai untuk mendirikan dan membangun institusi berkategori sosial seperti sekolah dan perguruan tinggi  atau pelayanan kesehatan seperti klinik dan rumah sakit yang ternyata bermuatan  bisnis di bidang sosial itu.

Di samping itu praktek ekonomi yang melanggar tuntunan agama seperti riba, pelacuran, miras, dll harus menjadi ilegal karena hal itu pasti akan merusak tatanan sosial. Bank Jatim yang menjadi milik Pemda harus menjadi bank pionir yang hanya berpraktek sesuai tuntunan agama, tidak mempraktekkan riba.

Gubernur, Wagub, serta aparat pemerintah di bawahnya yang terkait pendapatan daerah tidak berhak mendapat tambahan penghasilan karena pelaksanaan pekerjaannya, kecuali gaji dan fasilitas jabatan yang telah ditetapkan (tidak berhak mendapat tambahan pendapatan dari prosentasi  hasil meningkatnya dana pendapatan daerah dll).  Gaya hidup pejabat harus mampu menenggang perasaan rakyatnya yang kebanyakan masih miskin. Pelaku bisnis yang sudah kaya tidak layak mendapat fasilitas Pemda dalam bentuk apapun, mereka harusnya mandiri dan malah membantu keuangan Pemda melalui pembayanan pajak yang benar dan memberi contoh profesioanlisme disertai komitmen besar pada karyawannya yang relatif lemah ekonominya.

Pembangunan bidang Politik harus dimulai dengan penunjukan figur taat agama dan berkemampuan terhnis untuk jabatan pemerintahan. Pejabat   harus berlaku netral pada partai politik, tidak menganak emaskan partai politik di mana dia bernaung. Pemda tidak perlu memberi dana bantuan pada Partai Politik yang harusnya mandiri  sebagai kekuatan politik.

Pembangunan bidang Pendidikan harus melibatkan pengembangan lingkungan sosial yang mendukung. Amatlah tidak layak remaja-pemuda usia sekolah di malam hari ‘begadang’ dipinggir2 jalan di kota besar (Surabaya misalnya) dengan udara  tercemar asap kendaraaan bermotor yang lalu lalang, duduk2 di atas selokan kota yang bau busuk menghabiskan waktu mereka yang amat berharga. Polisi pamongpraja harusnya bertindak mengembalikan mereka ke rumah atau perpustakaan untuk belajar.

Budaya yang sehat harus dikembangkan secara sistematis dan efektif, bukan malah memasarkan budaya serba boleh yang merusak akhlak masyarakat Jawa Timur. Kontrol ketat pada media tulis-elektronik dan tempat2 hiburan amatlah strategis untuk melindungi masyarakat agar tidak terjerumus ke budaya merusak.

Kejahatan dan kerusuhan sosial akan lebih mudah dikendalikan jika budaya masyarakat selaras dengan ajaran agama. Proses peradilan dan praktek hukum harus tegas berfihak pada perbuatan baik dan anti kemaksiatan-kekerasan. Aparat hukum perlu selalu dibina dan ditingkatkan kedisiplinan dan profesionalismenya. Materi hukum harus dikembangkan agar kian sejalan dengan tuntunan agama. Masyarakat perlu didorong untuk siap membantu aparat melawan kejahatan dan kemungkjaran. Masyarakat tidak boleh apatis terhadap perilaku pidana dan kejahatan lain.

Indonesia, medium Mei 2013

Entry filed under: Politik. Tags: , , , , .

MEMBANGUN KELUARGA SAKINAH dan PRIBADI MUSLIM BERKARAKTER PEMBANGUNAN NASIONAL UNTUK SUMBER DAYA MANUSIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


"tatkala mayoritas penduduk maju, maka minoritas terikut maju (TIDAK SEBALIKNYA), dan negara pun menjadi kokoh-kuat..."

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 47 other followers

Recent Posts

Archives

Calendar

May 2013
M T W T F S S
« Mar   Jul »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Stats

  • 86,658 hits

Feeds


%d bloggers like this: